…Bisakah ilmu mengungkapkan penglihatan dan mimpi dipelajari dan diajarkan? Bukan rahasia lagi bagi siapa pun yang tertarik dengan seni ini bahwa ilmu ini sangat terhormat, dan itulah sebabnya Tuhan bersyukur kepada Nabi Yusef-Nya dengan mengatakan Yang Maha Kuasa [dan juga Tuhanmu akan menjawab Anda dan mengajari Anda tentang tafsir hadits .. .] , dan kami Nabi Muhammad [ damai dan berkah besertanya ] digunakan untuk mengekspresikan visi dan sering meminta para sahabat sebagai dalam hadits Samra bin Jundub : Ketika Nabi [ perdamaian dan berkah di atasnya ] berdoa pagi hari, dia datang kepada mereka dengan wajahnya dan berkata : Apakah ada di antara kalian yang melihat penglihatan kemarin ? Sebenarnya, saya punya pandangan tentang masalah ini. Maksud saya kemungkinan belajar, dan mengajarkan ilmu ini, yaitu bahwa itu bisa dipelajari, dan diajarkan . Dan pendapat ini mungkin aneh bagi sebagian orang; Ini karena ilmu ini lebih seperti inspirasi dan fisiognomi, dan seolah-olah meniru para pembawa pesan, maka dia merasa malu dalam hal ini, tetapi saya berharap masalah ini diangkat untuk dibahas agar proposal kami objektif . Inilah hal terpenting yang membuat saya cenderung pada pendapat ini, dan saya telah membicarakannya secara rinci dalam buku saya : Ekspresi visi, istilah kontemporer, tanya jawab, hal. 96 , dan seterusnya, penerbit : Dar al-Tadmuriyya . Berkomentar Nuklir dalam wawancara Samra mantan : adalah mustahabb bertanya tentang visi, inisiatif untuk menafsirkan, dan mempercepat hari pertama, dan diperbolehkan berbicara dalam ilmu dan tafsir Wahyu, dan sejenisnya .15 / 30 Ibnu Kata Hajar, mengomentari pembicaraan sebelumnya seperti pada pembukaan 12/437: Induksi Untuk mengajarkan ilmu penglihatan dan ekspresinya, dan untuk mengabaikan pertanyaan tentang itu, dan preferensinya karena termasuk akses ke beberapa yang tak terlihat dan rahasia makhluk . Ibn Abd al-Barr berkata, seperti dalam al- Tamheed 1/313, mengomentari hadits sebelumnya : Hadits ini menunjukkan kehormatan dan keutamaan ilmu penglihatan, karena dia [ semoga doa dan damai Allah besertanya ] hanya menanyakan tentang itu untuk memberitahunya dan menyebarkannya, sehingga rekan-rekannya tahu bagaimana berbicara tentang interpretasinya . Syekh Muhammad ibn Abd al-Wahhab mengatakan, seperti dalam kumpulan bukunya 5/130: Ilmu ekspresi adalah ilmu sejati yang dianugerahkan Tuhan kepada siapapun yang Dia kehendaki hamba-Nya . Dan dia berkata di tempat lain 5/143: Istilah penglihatan adalah ilmu yang benar yang disebutkan oleh Tuhan dalam Al Qur’an, dan untuk alasan ini dikatakan : Hanya mereka yang berilmu yang dapat menafsirkan visi , karena itu adalah bagian dari wahyu . Al Shatibi, semoga Allah merahmatinya, memperingatkan dalam Al Muwwafaa 2/415: bahwa tidak ada pahala dan kerudung bahwa Nabi [ mungkin doa dan damai Allah besertanya ] memberi kecuali apa yang dibebaskan, kecuali bahwa nya Umat ​​diberi teladan, dan ini diketahui dengan introspeksi, dan dari situ ia memberikan wahyu kepadanya, dan ummatnya diberi penglihatan yang benar . Imam Malik berkata, dan dia ditanya : Apakah penglihatan itu menjelaskan setiap hari Minggu? Dia berkata : Dia bermain dengan kenabian, lalu dia berkata : Hanya yang terbaik dari penglihatan yang akan melewati penglihatan . Jika dia melihat sesuatu yang baik, katakan padanya, dan jika dia melihat sesuatu yang tidak menyenangkan, biarkan dia mengatakan sesuatu yang baik atau diam . Dan Imam Ibn Al-Saadi berkata dalam Tafsirnya 2/442: Dan di antaranya adalah manfaat dari ayat sebelumnya : bahwa itu memiliki asal mula untuk ekspresi visi, karena ilmu ekspresi adalah salah satu ilmu penting bahwa Tuhan diberikan kepada siapapun yang Dia kehendaki . Dia juga mengatakan 2/449: Termasuk bahwa pengetahuan tentang ekspresi adalah salah satu ilmu Syariah, dan seseorang akan diberi penghargaan atas pembelajaran dan pengajarannya . Dan yang menandakan adanya pembelajaran dan pendidikan diantara para sahabat – Ashraf al-Khalq – adalah yang dibuktikan bahwa Umar ibn al-Khattab, semoga Allah meridhoi beliau, biasa bertanya kepada Asma binti Umais al- Khatha’a’miya tentang ekspresi visi seperti dalam Tahdheeb al-Tahdheeb oleh Ibn Hajar 12/399. Ibn Saad menyebutkan dalam al- Tabaq 7/124: Said bin al-Musayyib adalah orang yang melintasi orang – orang menuju visi, dan ini diambil dari Asmaa Bint Abi Bakar, dan nama-nama mengambilnya dari ayahnya Abu Bakar, dan Abu Bakar mengambil pengetahuan ini dari Rasul yang mulia, yang biasa membiarkannya terkadang melewati beberapa Visi, dan terkadang dia mengoreksinya, dan dia mungkin salah mengira dia seperti guru dan muridnya, dan siswa ini mahir dalam banyak situasi di mana dia diperiksa, dan karena itu kami menemukannya setelah satu waktu, dan dia mengungkapkan visi yang dilihat Rasulullah, Rasul berkata kepadanya dengan kekaguman atas ekspresinya : Demikian juga kata raja . Tetapi juga terjadi padanya bahwa saya melakukan kesalahan dalam ijtihadnya, dan Rasul [ semoga doa dan damai sejahtera besertanya ] tidak memujinya, melainkan dia melakukan kesalahan. Jadi dia berkata kepadanya sekali setelah dia berpaling kepadanya : Katakan padaku, Wahai Rasulullah, tentang ayahku, apakah kamu salah atau salah? Nabi berkata : Anda memukul beberapa dan Anda melewatkan yang lain . Aisha, semoga Tuhan senang dengannya, juga memiliki sikap mendidik dengan ayahnya, jadi dia menyampaikan visi kepadanya, dan dia memiliki beberapa situasi dengan Utusan Tuhan [ semoga doa dan damai Tuhan besertanya ] . Oleh karena itu, dia pernah melakukan kekerasan ketika dia mengungkapkan penglihatan kepada seorang wanita bahwa suaminya sedang sekarat dan melahirkan anak yang dianiaya dengan mengatakan : [ Apa, O Aisha Jika Anda mengungkapkan visi itu kepada orang yang beriman, maka ungkapkan padanya dalam kebaikan ….] Dan saksi dari hadits tersebut meminta Aisha untuk mengikuti pendekatan ekspresi tertentu, yaitu menggunakannya untuk kebaikan . Imam Ibn Khaldun menyatakan dalam pengantarnya, hal. 389, bahwa ilmu ini adalah salah satu ilmu syariah, dan merupakan kebetulan dalam agama ketika ilmu menjadi artefak dan orang-orang menulis tentangnya, dan ekspresinya ditemukan pada pendahulu dan punggung, dan ilmu ini masih ditularkan antara para pendahulu ….

…Jika korespondensi dalam mimpi berada di antara dua kelompok dalam perang, itu menunjukkan batas waktu yang akan datang, penindasan hasutan, mengikuti kebenaran, kematian orang sakit, atau kemenangan yang tertindas . Jika seseorang menjadi pembawa pesan dalam mimpi, itu menunjukkan peningkatan statusnya . Lihat juga tulisan ….

Pesan kami Walid bin Ahmed Alzzouzna, katanya, kepada kami Abdul Rahman bin Abi Hatim, katanya kepada kami Mohammed bin Yahya Wasti, kata kepada kami Mohammed bin Hassan Alberglana, Yahya bin Bassam, berkata kepada saya Omar bin Sabih al – Saadi berkata : Saya melihat Abdul Aziz bin Suleiman Abed dalam mimpi, dan itu pakaian Khader, dengan karangan bunga mutiara di kepalanya, jadi saya berkata Abu Muhammad, bagaimana Anda setelah saya? Bagaimana Anda menemukan rasa kematian? Bagaimana Anda melihat sesuatu di sana? Dia berkata : Kematian, jangan bertanya tentang beratnya kesedihan dan kesedihannya, kecuali bahwa rahmat Tuhan telah meninggalkan kita setiap cela, yang telah kita peroleh kecuali oleh-Nya, Yang Mahatinggi ….

…Seorang Gabi, melihatnya dalam mimpi menunjukkan penghapusan agama, polisi, pembawa pesan, pembawa pidato, atau orang yang melakukan amanah . Mathlik…

…Dan siapa pun yang melihat bahwa dia melempar anak panah dan menjadi bengkok, maka itu menunjukkan pembawa pesan pengkhianat ….

…Melempar Siapa pun yang melihat dalam mimpi bahwa dia sedang melempar ketapel, itu pengkhianatan dan intrik . Mungkin itu menunjukkan fitnah dan paksaan para ulama, atau fitnah perempuan yang diimunisasi, dan tantangan agama . Mungkin penglihatannya menunjukkan hasutan . Dan melempar panah dalam mimpi adalah bukti berbicara tentang gejala dengan gejala, dan jika panah di dalamnya adalah bilah, mereka adalah pembawa pesan penyembuhan, hal yang dimaksudkan akan terjadi, dan jika tidak ada bab di dalamnya, itu menunjukkan kekecewaan pada apa yang ada. dimaksudkan . Dan siapa yang melempar anak panah dan yang terluka, dia akan mendapatkan kebutuhannya dari dekat dengan Tuhan Yang Maha Kuasa, dan jika dia ada di dunia ini, dia akan mendapatkan kehormatannya . Dan barangsiapa melihat dua baris orang saling melempar, maka mereka yang dianiaya bertengkar dengan kebenaran dan kesalahan, dan berbicara tentang lawan mereka dengan kebohongan . Dan siapapun yang melihat bahwa dia menembak orang dengan panah, dia akan menembak mereka dengan kata-kata yang buruk . Dan barangsiapa melihat bahwa dia melempar dan membuat kesalahan, maka dia memiliki lidah yang jahat yang dengannya dia berbicara untuk menghormati orang . Dan siapa pun yang melihat bahwa dia membidik suatu objek dan tidak membuat kesalahan, dia akan mencapai tujuannya dengan mengirimkan buku atau utusan . Dan barangsiapa yang melempar seseorang tetapi tidak memukulnya, maka dia melemparkannya dengan kata-kata yang salah . Dan siapa pun yang melihat bahwa dia sedang melempar anak panah ke sebuah gunung di timur dan barat, dan pakaiannya baru dan putih, dia akan mendapatkan seorang raja dan otoritas jika dia layak untuk itu. Panah adalah buku-bukunya yang dia lakukan dalam surat dan perintahnya . Dan melempar kemiri dirajam . Dan dikatakan : Melempar hazelnut di daerah perkotaan dilempar untuk rajam itu, dan jika lemparannya ke darat untuk berburu maka itu adalah rampasan dan keuntungan . Dan barangsiapa melempar anak panah dan menumpahkan darahnya, dia akan mendapatkan keuntungan dari orang yang hebat . Dan jika anak panah itu jatuh ke dalam hatinya, itu adalah pemberitahuan dari seorang anak baik atau seorang gadis cantik . Dan barangsiapa melihat bahwa dia melempar ketapel sebagai benteng pertahanan musuh, maka itu adalah kata-kata kebenaran yang dia ucapkan, atau permohonan yang diminta oleh Tuhan Yang Maha Esa ….

…Apel dalam mimpi menunjukkan anak-anak, dan wajah cantik, dan apel sebanyak orang yang melihatnya, jika dia adalah penguasa maka apel adalah miliknya, dan jika dia seorang pedagang maka apel adalah dagangannya, dan jika dia adalah seorang pembajak, maka apel adalah miliknya . Dikatakan : Apel manis adalah makanan halal, dan apel asam dilarang . Sultan melemparkan sebuah apel, itu adalah pembawa pesan harapan dan mencela itu . Dan pohon apel adalah orang beriman yang dekat dengan manusia, jadi siapa yang melihat bahwa dia menanam pohon apel, dia akan menjadi yatim piatu . Dan siapa pun yang melihat bahwa dia sedang makan sebuah apel, dia akan memiliki segala sesuatu yang tidak dilihat orang, dan jika dia memetiknya dia akan mendapatkan uang dari orang yang jujur ​​dengan pujian yang baik . Apel diberi nomor beberapa dirham . Jika dia mencium bau apel di masjid, maka dia akan menikah, dan jika seorang wanita mencium apel dalam pertemuan pesta pora maka dia menjadi terkenal, dan jika dia memakannya di tempat yang terkenal, dia akan melahirkan seorang bayi. anak yang baik . Dan nawal menggigit apel itu bagus dan untung dan untung . Apel diwakili oleh teman dan saudara, dan dikatakan : Barangsiapa melihat bahwa dia makan apel, maka musuh muncul untuknya . Dan apel asam adalah tanda gangguan, bahaya, dan keributan . Dan pohon apel menunjukkan kepanikan ….

…Lembah dalam mimpi menunjukkan perjalanan yang lelah, atau orang yang sulit, dan penglihatannya dapat menunjukkan perbuatan baik dan kedekatan dengan Tuhan melalui pengeluaran yang baik, dan mungkin lembah menunjukkan penghuninya atau apa yang tumbuh di dalamnya . Dan jika peramal itu layak untuk raja, dia adalah seorang raja dan menang atas musuh-musuhnya, dan jika dia benar, banyak martabat muncul darinya, karena Tuhan Yang Maha Kuasa berfirman : ( Ketika dia datang kepadanya, aku memanggil mereka dari pantai lembah kanan ). Mungkin ini menunjukkan turunnya hujan . Mungkin solusi di lembah menunjukkan membawa pesan kepada yang perkasa, karena Tuhan Yang Maha Kuasa berkata : ( Apakah hadits Musa datang kepada Anda, ketika Tuhannya memanggilnya lembah suci digulung, pergi ke Firaun, bahwa dia kewalahan ). Mungkin lembah itu menunjukkan penjara karena pegunungan menampungnya, dan masuk serta keluarnya . Dan barangsiapa melihat bahwa ia berenang di lembah datar sampai mencapai tempat yang diinginkannya, maka ia masuk ke dalam pekerjaan sultan dan memenuhi kebutuhannya . Dan lembah itu menandakan prajurit pemotong jalan . Dan siapa yang menggali lembah, salah satu bangsanya mati, dan lembah itu menandakan melegakan diri, siapa pun yang melihat bahwa dia telah jatuh ke lembah dan tidak menderita, dia akan mendapatkan keuntungan dari seorang penguasa atau bimbingan dari seorang penguasa . Dan barangsiapa melihat bahwa dia tinggal di lembah tanpa penanaman, maka dia harus menunaikan haji . Dan siapa pun yang melihat bahwa dia berkeliaran di lembah, dia akan mengucapkan puisi ….

…Cincin itu dalam mimpi agama islam, dan siapapun yang melihat bahwa dia mengambil cincin maka dia menganut agama islam . Dan cincin di pintu menunjukkan pintu gerbang, alis, atau anjing penjaga, dan jika cincin itu dari emas atau perak, ini adalah bukti kemuliaan, ketinggian, dan properti . Dan pintu berdering seperti alis, pembawa pesan dan pertanda . Dan siapa pun yang melihat intinya dalam dua lingkaran, dia berhutang kepada dua orang . Jika dia melihat bahwa dia melepas cincin pintunya, maka dia masuk ke dalam bid’ah ….

…Sebuah gergaji dalam mimpi seorang pria yang mengambil, memberi dan memaafkan . Dan gergaji menunjukkan penguasa, dan pengawas yang memisahkan dua lawan . Mungkin itu menunjukkan pernikahan dengan memasuki kayu . Mungkin gergaji menunjukkan pembatas dan pemisahan antara pasangan, dan menunjukkan skala, makari, pembawa pesan, dan mata-mata orang jahat . The saw Aoun, kekuatan dan mata pencaharian . Dan gergaji kecapi menunjukkan orang yang merupakan kepala ilmuwan, dan kayu hitam gergaji adalah orang yang mempermalukan orang Negro, dan gergaji marmer menunjukkan istana surga, dan gergaji kayu menunjukkan orang-orang biasa, seperti tukang giling. , saringan dan sejenisnya ….

…Bengkel itu dalam mimpi adalah orang aneh dan memalukan yang menunjukkan berita dan pembawa pesan, karena dia memberi tahu Nuh, saw, tentang berita tentang bumi dan penipisannya setelah air bah . Dan dikatakan : Lokakarya itu adalah wanita yang menyenangkan dan ceria ….

…Menyalin Jika Anda bermimpi bahwa Anda menyalin, ini berarti tindakan yang tidak berguna dari rencana yang tertata dengan baik . Jika seorang gadis bermimpi bahwa dia menyalin pesan, ini berarti dia akan tertarik pada dosa karena cintanya kepada sekelompok orang tertentu ….

…Adapun anak panah dan lemparannya diartikan dengan cara Daniel mengatakan anak panah diartikan dengan kata-kata lurus yang sampai kepada seseorang dan mungkin saja fitnah, dan dikatakan bahwa siapapun yang melihat seseorang sedang melempar anak panah, pemanah mengirimkan Dia seorang pembawa pesan dengan kata-kata, terutama jika dia melemparkannya dengan suatu tujuan, dan jika dia melemparkannya tanpa tujuan, maka dia mengirimkan kepadanya sebuah surat yang setara dengan ujung panah .)…

…Kecenderungan dalam mimpi adalah anak laki-laki, laki-laki, atau pembawa pesan . Mungkin mil menunjukkan perjalanan seribu langkah demi langkah unta, yang jaraknya dua belas ribu kaki dengan berjalan kaki manusia . Dan dikatakan : kecenderungannya adalah pria yang melakukan urusan rakyat dalam perhitungan ….

…Itu dalam mimpi yang menunjukkan nilai-nilai rumah . Dan pintu terbuka adalah gerbang penghidupan . Arti pintu rumah jatuh pada wanita, jika pintunya baru maka wanita masih perawan, dan jika pintunya tidak ditutup maka wanita masih perawan . Dan barangsiapa melihat bahwa dia menutup pintu sebuah rumah besi, dia akan menikahi seorang perawan . Dan barangsiapa melihat pintu rumah berubah dari kondisinya, maka dia telah mengubah kondisi pemilik rumah, dan jika dia melihatnya jatuh atau tercabut ke luar, atau dia melihatnya terbakar atau rusak, maka itu adalah a bencana dimana nilai-nilai rumah terekspos . Demikian juga, jika orang yang tidur melihat pintu tertutup setelah ditarik keluar, maka orang tersebut boleh tinggal, dan jika ia melihatnya terhalang, maka itu adalah kemalangan besar bagi penghuni rumah itu . Dan jika dia melihat sebuah pintu kecil di tengah rumahnya, maka itu tidak disukai, karena masuk ke dalam rasa malu, karena itu telah memperbesar pintu rumahnya dan mengembang dan kuat tanpa keburukan, maka itu adalah kebaikan nilai-nilainya . Dan jika dia melihat salah satu singa melompat di depan pintu rumahnya, orang-orang yang tidak bermoral itu mengikuti istrinya . Jika dia melihat bahwa dia sedang mencari pintu rumahnya, maka dia tidak menemukannya, karena dia bingung tentang masalah duniawinya . Dan jika dia melihat bahwa dia masuk melalui pintu, dia bertengkar di mana dia menang . Dan jika dia melihat gerbang terbuka, maka gerbang dunia ini terbuka untuknya . Dan jika dia melihat bahwa pintu rumahnya telah melebar melebihi jumlah pintu, maka itu adalah masuknya orang ke atasnya tanpa izin . Mungkin runtuhnya pintu dari posisinya adalah matinya pemilik rumah dari moral dan kondisinya, dan perubahan kondisi rumahnya menjadi kontradiksi dengan apa yang mereka miliki sebelumnya . Jika dia melihat bahwa dia keluar dari pintu sempit ke tempat yang luas, maka dia pergi dari kesusahan ke kapasitas, dan dari kesedihan dan ketakutan menuju keamanan . Dan cincin pintu itu seperti alis atau pembawa pesan, jadi siapa pun yang melihat intinya memiliki dua cincin, dia memiliki hutang untuk dua orang, dan jika dia melihat bahwa dia memotong cincin pintunya, maka dia masuk ke dalam sebuah inovasi . Dan siapa pun yang melihat api membakar pintu, istrinya akan segera mati . Dan gerbang kota adalah indikasi dari pemiliknya yang bertanggung jawab atas masalah agama dan dunia di dalamnya . Pintu rumah adalah indikasi pembangunnya dan yang bertanggung jawab atas kepentingan rakyatnya . Dan pintu rumah menunjukkan siapa yang tinggal di dalamnya . Dan masuk melalui pintu yang tidak diketahui menunjukkan kemenangan atas musuh, dan mungkin pintu yang tidak diketahui menunjukkan ilmu pengetahuan, rezeki, keuntungan dan perjalanan . Keluar dari pintu adalah paradoks dari apa yang telah kami sebutkan. Jika pintunya baik, maka itu menunjukkan bahwa ia telah berpisah dengan yang baik, dan jika dihancurkan atau sempit, itu menunjukkan bahwa ia berpisah dengan kejahatan dan bermaksud untuk menyelamatkan dirinya sendiri . Mungkin pintu menandakan kematian, dan jika dia keluar dari pintu dan menemukan hamparan, kehijauan, atau bau yang menyenangkan, yang menandakan kebaikan di akhirat, dan jika dia menemukan kegelapan, mayat, atau api, dia akan dihukum pada akhirnya . Membuka pintu dalam mimpi menunjukkan membuat segalanya lebih mudah, dan menutup pintu kesusahan, kesusahan dan gangguan karena alasan . Membuka pintu di langit menunjukkan jawaban atas permohonan atau larangan melakukan apa yang dilarang, atau lamanya siksaan, balas dendam dan kesengsaraan, dan jika hujan mengurung menunjukkan turunnya, dan kebangkitan bumi setelah kematiannya . Bab tentang rahasia yang diperbarui di rumah menunjukkan yang baik dan yang buruk yang disiratkan oleh si penglihat, karena dia tersembunyi dan tegap, dia mencapai tujuannya dengan menyembunyikannya, dan jika dia muncul darinya di rumah, itu menunjukkan rahasia dan mengungkapkan kondisinya, dan mungkin pintu misteri menunjukkan kemuliaan, ketinggian, bangsa dan pemuda . Mungkin itu menunjukkan rahmat dari rahasia dan perlakuan baik antara dia dan Tuhannya . Dan siapa pun yang melihat pintu baru ke rumahnya, atau melihat seorang tukang kayu yang memasang atau memasangnya, ini adalah kabar baik tentang kesehatan . Dan barangsiapa melihat bahwa dia ingin menutup pintu tetapi tidak bisa, maka itu adalah sesuatu yang sulit baginya oleh istrinya . Dan barangsiapa melihat bahwa dia memasuki suatu bangsa melalui pintu gerbang, dia akan memperoleh kemenangan atas musuhnya dan membantah argumen dari lawan-lawannya . Dan barangsiapa melihat pintunya dicabut dan memasang orang lain, dia menjual rumahnya, dan siapa pun yang masuk ke rumah dan menutup pintunya dilindungi dari dosa, dan pintu serta kedua cincin itu murah hati dan menuntut hutang ….